Sabtu, 20 Oktober 2012

PERAN DAN FUNGSI PERAWAT


PERAN DAN FUNGSI PERAWAT

PeranPerawat :

1. PeransebagaipemberiAsuhanKeperawatan.
Peransebagaipemberiasuhankeperawataninidapatdilakukanperawatdenganmemeprhatikankeadaankebutuhandasarmanusia yang dibutuhkanmelaluipemberianpelayanankeperawatandenganmenggunakan proses keperawatansehinggadapatditentukan diagnosis keperawatan agar bias direncakandandilaksanakantindakan yang tepatsesuaidengantingkatkebutuhandasarmanusia, kemudiandapatdievaluasitingkatperkembangannya. Pemberianasuhankeperawataninidilakukandari yang sederhanasampaidengankompleks.

10 FaktorAsuhandalamKeperawatan :
1. Menunjukkan system nilaikemanusiandanaltruisme.
2. Memberiharapandengan :
- mengembangkansikapdalammembinahubungandenganklien
- memfalitasiuntukoptimis
- percayadanpenuhharapan
3. Menunjukkansensivitasantarasatudengan yang lain.
4. Mengembangkanhubungansalingpercaya :komunikasiefektif, empati, danhangat.
5. Ekspresiperasaanpositifdan negative melaluitukarpendapattentangperasaan.
6. Menggunakan proses pemecahanmesalah yang kreatif
7. Meningkatkanhubungan interpersonal dan proses belajarmengajar
8. Memeberi support, perlindungan, koreksi mental, sosiokulturaldanlingkungan spiritual
9. Membantudalampemenuhankebutuhandasarmanusia
10.Melibatkaneksistensifenomenaaspek spiritual.

KekuatandalamAsuhan :
1. AspekTransformasi
Perawatmembantuklienuntukmengontrolperasaannyadanberpartisipasiaktifdalamasuhan.
2. Integrasiasuhan
Engintegrasikanindividukedalamsosialnya.
3. AspekPembelaan
4. AspekpenyembuhanàMembatuklienmemilih support social, emosional, spiritual.
5. AspekPartisipasi.
6. Pemecahanmasalahdenganmetodailmiah.

2. PeranSebagaiAdvokat ( Pembela) Klien
Peraninidilakukanperawatdalammembantukliendankeluargadalammeninterpretasikanberbagiainformasidaripemberipelayananatauinformasi lain khususnyadalampengambilanpersetujuanatastindakankeperawatan yang diberikankepadapasiennya, jugadapatberperanmempertahankandanmelindungihak-hakpasien yang meliputihakataspelayanansebaik-baiknya, hakatasinformasitentangpenyakitnya, hakatasprivasi, hakuntukmenentukannasibnyasendiridanhakuntukmenerimagantirugiakibatkelalaian.

3. PeranSebagaiEdukator
Peraninidilakukanuntuk :
1. Meningkatkantingkatpengetahuankesehatandankemampuanklienmengatasikesehatanya.
2. Perawatmemberiinformasidanmeningkatkanperubahanperilakuklien

4. PeranSebagaiKoordinator
Peraninidilaksanakandenganmengarahkan, merencanakansertamengorganisasipelayanankesehatandaritimkesehatansehinggapemeberianpelayanankesehatandapatterarahsertasesuaidengankebutuhanklien.
TujuanPerawatsebagicoordinator adalah :
a. Untukmemenuhiasuhankesehatansecaraefektif, efisiendanmenguntungkanklien.
b. Pengaturanwaktudanseluruhaktifitasataupenangananpadaklien.
c. Menggunakanketerampilanperawatuntuk :
- merencanakan
- mengorganisasikan
- mengarahkan
- mengontrol

5. PeranSebagaiKolaborator
Perawatdisinidilakukankarenaperawatbekerjamelaluitimkesehatan yang terdiridaridokterfisioterapis, ahligizi, dan lain-lain denganberupayamengidentifikasipelayanankeperawatan yang diperlukantermasukdiskusiatautukarpendapatdalampenentuanbentukpelayananselanjutnya.

6. PeranSebagaiKonsultan
Perandisiniadlahsebagaitempatkonsultasiterhadapmasalahatautindakankeperawatan yang tepatuntukdiberikan.Peraninidilakukanataspermintaanklienterhadapinformasitentangtujuanpelayanankeperawatan yang diberikan.

7. PeranSebagaiPembeharu
Peransebagaipembaharudapatdilakukandenganmengadakanperencanaan, kerjasama, perubahan yang sistematisdanterarahsesuaidenganmetodepemberianpelayanankeperawatan.
Peranperawatsebagaipembeharudipengaruhiolehbeberapafactor diantaranya :
- Kemajuanteknologi
- PerubahanLisensi-regulasi
- Meningkatnyapeluangpendidikanlanjutan
- Meningkatnyaberbagaitipepetugasasuhankesehatan.

Selainperanperawatmenurutkonsorsiumilmukesehatan, terdapatpembagianperanperawatmenuruthasillokakaryakeperawatantahun 1983 yang membagimenjadi 4 perandiantaranyaperanperawatsebagaipelaksanapelayanankeperawatan, peranperawatsebagaipengelolapelayanandaninstitusikeperawatan, peranperawatsebagaipendidikdalamkeperawatansertaperanperawatsebagaipenelitidanpengembangpelayanankeperawatan.


FungsiPerawat :

1. FungsiIndependen
Merupakanfungsimandiridantidaktergantungpada orang lain, dimanaperawatdalammelaksanakantugasnyadilakukansecarasendiridengankeputusansendiridalammelakukantindakandalamrangkamemenuhikebutuhandasarmanusiasepertipemenuhankebutuhanfisiologis (pemenuhankebutuhanoksigenasi, pemenuhankebutuhancairandanelektrolit, pemenhuankebutuhannutrisi, pemenuhankebutuhanaktivitas, dan lain-lain), pemenuhankebutuhankeamanandankenyamanan, pemenuhankebutuhancintamencintai, pemenuhankebutuhanhargadiridanaktualisasidiri.

2. FungsiDependen
Merupakanfungsiperawatdalammelaksanakankegiatannyaataspesanatauinstruksidariperawat lain. Sehinggasebagaitindakanpelimpahantugas yang diberikan.Hal inibiasanyadilakukanolehperawatspesialiskepadaperawatumum, ataudariperawat primer keperawatpelaksana.

3. FungsiInterdependen
Fungsiinidilakukandalamkelompoktim yang bersifatsalingketergantungan di antara tam satudenganlainyafungsainidapatterjadiapabilabentukpelayananmembutuhkankerjasamatimdalampemberianpelayanansepertidalammemberikanasuhankeperawatanpadapenderaita yang mempunyaipenyskitkomplekskeadaaninitidakdapatdiatasidengantimperawatsajamelainkanjugadaridokterataupunlainya, sepertidokterdalammemberikantandapengobatanbekerjasamadenganperawatdalampemantauanreaksiobat yang telah di berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar