Senin, 17 Juni 2013

Layanan Kesehatan

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Menurut Departemen Kesehatan R.I (1998) Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal disuatu tempat dibawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. ( Nasrul Efendi, 1998)
Kamus Bahasa Indonesia (1992) Keluarga Ibu,bapak dengan anak-anaknya, seisi rumah, dan atau satu kekerabatan yang sangat mendasar dalam masyarakat.
Asuhan Keperawatan keluarga adalah suatu rangkaian kegiatan yang diberikan melalui praktek keperawatan degan sasaran keluarga dengan tujuan menyelesaikan masalah kesehatan yang dialami keluarga dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan keluarga. ( Setiadi, 2008)
Salvicion G. Bailon dan Aracelis Maglaya (1978), mendefinisikan perawatan kesehatan keluarga adalah tingkat perawatan kesehatan masyarakat yang ditujukan atau dipusatkan pada keluarga sebagai unit atau kesatuan yang dirawat, dengan sehat sebagai tujuan melalui perawatan. ( Nasrul Effendi, 1998).
Keperawatan kesehatan komunitas menurut ANA (1973) adalah suatu sintesa dari praktik kesehatan masyarakat yang dilaku¬kan untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan masyarakat. Praktik keperawatan kesehatan komunitas ini bersifat menyeluruh dengan tidak membatasi pelayanan yang diberikan kepada kelompok umur tertentu, berkelanjutan dan melibatkan masyarakat.
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perawatan kesehatan komunitas adalah suatu bidang dalam ilmu keperawatan yang merupakan keterpaduan antara keperawatan dan kesehatan masyarakat dengan dukungan peran serta masyarakat, serta mengutamakan pelayanan promotif dan preventif secara berkesinambungan dengan tanpa mengabaikan pelayanan kuratif dan rehabilitatif, secara menyeluruh dan terpadu ditujukan kesatuan yang utuh melalui proses keperawatan untuk ikut meningkatkan fungsi kehidupan manusia secara optimal.
Dalam keperawatan keluarga, dimana disini perawat memberikan pelayanan kesehatan yang adekuat yang berfokus pada keluarga.
B.     Rumusan Masalah
Agar Pembahasan dari makalah ini tidak melebar dan pembahasannya tetap berkonsentrasi pada satu bahan judul maka kami dari pemakalah perlu menetapkan rumusan masalah yang akan di bahas :
1.      Apa itu pelayanan kesehatan & keturunan !
2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan dalam keperawatan komunitas!
C.     Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui apa itu pelayanan kesehatan & keturunan.
2.      Mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan dalam keperawatan komunitas.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pelayanan kesehatan & Keturunan.
Dalam keperawatan keluarga pelayanan kesehatan ditujukan pada keluarga sebagai unit pelayanan untuk mewujudkan keluarga yang sehat. Keluarga dijadikan sebagai unit dalam pelayanan kesehatan.
Dalam konteks ini keluarga dipandang sebagai klien atau sebagai fokus utama pengkajian keperawatan. Keluarga dipandang sebagai system yang berinteraksi, dimana fokusnya adalah dinamika dan hubungan internal keluarga, struktur dan fungsi keluarga serta saling ketergantungan subsistem keluarga dengan kesehatan dan keluarga dengan lingkungan luarnya.
Dalam hal ini Peran perawat dalam melakukan perawatan kesehatan keluarga  sangatlah kompleks, diantaranya :
1.      Edukator
2.      Koordinator
3.      perawatan dan pengawas perawatan langsung
4.      Pengawas Kesehatan
5.      Konsultan atau penasehat
6.      Kolaborasi
7.      Advokasi
8.      Fasilitator
9.      Penemu kasus
10.  Modifikasi lingkungan
B.     Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan dalam keperawatan komunitas.
Dalam hal ini, Promosi kesehatan dan keturunan merupakan salah satu ataupun bagian yang mempengaruhi kesehatan Menurut Hendrik L.
empat faktor yang mempengaruhi kesehatantersebut adalah :
a.       Lingkungan
b.      Perilaku
c.       pelayanan kesehatan dan
d.      Keturunan.
Lingkungan terdiri dari lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Lingkungan fisik yaitu lingkungan yang berkaitan dengan fisik seperti air, udara, sampah, tanah, iklim, dan perumahan. Contoh di suatu daerah mengalami wabah diare dan penyakit kulit akibat kesulitan air bersih. 
Keturunan merupakan faktor yang telah ada pada diri manusia yang dibawanya sejak lahir, misalnya penyakit asma. Keempat faktor tersebut saling berkaitan dan saling menunjang satu dengan yang lainnya dalam menentukan derajat kesehatan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat. 
Pelayanan kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam masalah kesehatan, denagan pelayanan yang buruk dan kurang optimal dalam komunitas dapat memperburuk keadaan kesehatan dalam komunitas. Makan dari perlu dilakukan suatu tindakan, yakni :
1.      Promotif
2.      Prefentif
3.      Kurati,dan
4.      Rehabilitatif
Keperawatan dalam keperawatan kesehatan komunitas dipandang sebagai bentuk pelayanan esensial yang diberikan oleh perawat kepada individu, keluarga, dan kelompok dan masyarakat yang mempunyai masalah kesehatan meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative dengan menggunakan proses keperawatan untuk mencapai tingkat kesehatan yang optimal. Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan professional sebagai bagian integral pelayanan kesehatan dalam bentuk pelayanan biologi, psikologi, sosial dan spiritual secara komprehensif yang ditujukan kepada individu keluarga dan masyarakat baik sehat maupun sakit mencakup siklus hidup manusia.
Lingkungan dalam paradigm keperawatan berfokus pada lingkungan masyarakat, dimana lingkungan dapat mempengaruhi status kesehatan manusia. Lingkungan disini meliputi lingkungan fisik, psikologis, sosial dan budaya dan lingkungan spiritual.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Menurut Hendrik L. empat faktor yang mempengaruhi kesehatan adalah :
1.      Lingkungan
2.      Perilaku
3.      Pelayanan kesehatan dan
4.      Keturunan.
Keturunan merupakan faktor yang telah ada pada diri manusia yang dibawanya sejak lahir, misalnya penyakit asma. Keempat faktor tersebut saling berkaitan dan saling menunjang satu dengan yang lainnya dalam menentukan derajat kesehatan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat. 
Pelayanan kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam masalah kesehatan, denagan pelayanan yang buruk dan kurang optimal dalam komunitas dapat memperburuk keadaan kesehatan dalam komunitas.
B.     Saran
Pelayanan Kesehatan dan Keturunan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi masalah kesehatan didalam komunitas, dalam hal ini, perawat yang merupakan salah satu bagian yang memberikan pelayanan kesehatan perlu bekerja semaksimal munkin dalam memberikan pelayanan kesehatan.

DAFTAR PUSTAKA

Diakses pada tangal 8 Juni 2013, jam 18.00 Wita, dengan alamat URL : http://duniakampusbulukumba@blogger./2012/07/askep-komunitas.html

Diakses pada tangal 8 Juni 2013, jam 18.00 Wita, dengan alamat URL : http://iksirjauhari.blogspot.com/2013/05/teori-betty-neuman-kep-keluarga.html,

Diakses pada tangal 8 Juni 2013, jam 18.00 Wita, dengan alamat URL : http://keperawatanpapua-uncen.blogspot.com/2012/07/askep-komunitas.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar